Sinopsis Reply 1988


Serial drama korea yang hadir pada tahun 2015 ini menjadi drama favorit para masyarakat tak terkecuali di Indonesia, bahkan serial ini sering trending di twitter Indonesia dan juga peraih rating tertinggi sepanjang sejarah televisi kabel, setelah Sky Castle dan The World of The Married yaitu dengan rata-rata rating nasional sebesar 18,8 persen. Serial drama yang menampilkan latarbelakang tahun 1988 di Korea ini dikemas rapih dan banyak pembelajaran yang dapat diambil. Reply 1988 bercerita tentang 5 sahabat yang tinggal di satu kompleks yaitu Ssangmun-dong yang diperankan oleh Lee Hye-ri sebagai Sung Doek Sun, Park Bo-gum sebagai Choi Taek, Ryu Jun Yeol sebagai Kim Jung Hwan (biasa dipanggil Jungpal), Go Kyung-Pyo sebagai Sung Sun Woo dan Lee Dong-Hwi sebagai Ryu Dong-Ryong. Di drama ini tidak hanya menampilkan kekompakan diantara para 5 sahabat namun keluarga dan orangtua mereka juga. 


Sung Deok-Sun berasal dari keluarga biasa yang tinggal dibawah rumah Jung Hwan (semi bawah tanah). Doek Sun sosok yang selalu ceria, gembira dan kocak, ia suka menari walaupun tariannya sangat payah dan sering berduet dengan DongRyong. Doek sun tinggal bersama ayahnya yaitu Sung Dong II yang selalu membeli barang yang tidak diberguna setiap pulang dari kerjanya namun ia sangat menyayangi istri dan anak-anaknya,  ibunya yaitu Lee II-Hwa orang yang perasa dan suka memarahi suaminya karena barang-barang tidak berguna tadi, kakaknya yaitu Sung Bo-ra (Ryu Hye-Young)  yang pintar, galak, dingin dan menyeramkan namun hatinya hangat dan sedikit pemalu dengan ayahnya jadi mereka tidak terlalu banyak bergurau dan tidak terlalu dekat. Dan terakhir adiknya yang penurut dan memiliki wajah lebih tua dari umurnya yaitu Sung No-Eul (Choi Sun Won).


Kim Jung-Hwan sering dipanggil Jungpal sosok yang dingin, cuek dan sedikit bicara namun paling mengerti diantara yang lain (aku cinta banget sama dia). Dulu Jung Hwan adalah orang miskin namun sekarang menjadi paling kaya karena kakaknya berhasil memenangkan lotre. Dia tinggal bersama ayahnya yaitu Kim Sung-Kyun yang kocak dan sering membuat guyonan garing namun tetap membuat ngakak. Ibunya yaitu Ra Mi-Ran suka teriak, marah dan memukuli suami maupun anak-anaknya karena dia merasa stres memiliki keluarga yang aneh (haha keluarga kocak) namun sangat menyayangi keluarganya. Dan terakhir kakaknya yaitu Kim Jung-Bong (Ahn Jae-Hong), dia gagal 7 kali dalam tes masuk perguruan tinggi (itu sebabnya ibunya stres haha) pekerjaannya hanya main-main saja seperti mengumpulkan perangko dan main game diluar rumah dan Jung Bong memiliki penyakit jantung.

Choi Taek sosok yang paling kalem diantara anak lainnya, tidak bisa bicara kasar (kecuali diminta sahabat-sahabatnya), dia memutuskan untuk tidak sekolah setelah SMP dan menjadi pemain baduk handal go internasional, dia suka mengonsumsi obat sakit kepala dan obat tidur karena kelelahan saat main baduk. Dia hanya tinggal bersama ayahnya yaitu Choi Moo-Sung karena ibunya sudah meninggal sejak Taek masih kecil. Ayahnya pun memiliki kepribadian yang sama seperti Taek yaitu tidak banyak bicara dan juga kalem. Ayahnya Taek sangat menyayangi Taek dan tidak suka jika Taek merasa tidak nyaman. Dirumah ini tepatnya di kamar Taek biasanya para 5 sahabat ini kumpul entah sekadar makan atau pun nonton film.


Sung Sun-Woo sosok yang baik, pintar dan sangat mematuhi ibunya. Sun Woo selalu bawa bekal kesekolah yang dimasak ibunya walaupun rasanya tidak karuan tapi Sun Woo tetap memakannya karena tidak mau jika ibunya kecewa. Ia tidak mau jika ibunya bekerja dan ia juga tidak mau jika ibunya merasa lelah. Sun Woo hanya tinggal bertiga dirumah dengan ibunya yaitu Kim Sun-Young yang sangat menyayangi kedua anaknya, dan adiknya Sun Woo yang masih kecil yaitu Sung Jin-Joo (Kim Seol).

Ryu Dong-Ryong orang yang kocak banget, suka nari tapi anjlok dalam nilai akademisnya. Dong-Ryong tinggal bersama ayahnya yaitu Yo Jae-Myung seorang dekan di sekolahnya. Ayahnya sering memergoki anaknya sendiri ketika tidak belajar dan tidur di kelas. Dan juga tinggal bersama ibunya, ia seorang wanita karir dan sangat sibuk dengan pekerjaannya jadi jarang sekali mengurus keluarga nya terutama Dong-Ryong. Keluarga ini tidak banyak diceritakan di Reply 1988.

Dalam serial ini kita diminta untuk menebak siapa yang akan menjadi suami Doek Sun di masa depan. Ya tentunya sahabat satu kompleksnya, dan ada 2 kandidat yang bakal membuat kalian uring-uringan harus milih yang mana. Tidak hanya masalah percintaan saja yang dibahas namun kehangatan, kekocakan, masalah di sekolah, persahabatan dan masalah keluarga yang ringan namun artinya sangat mendalam di hati, saya saja bisa merenunginya berhari-hari. Setiap episode dari serial ini diberi pesan-pesan yang bakal membuat kita tersentuh. Alur dari serial ini dibuat maju mundur (cantik) dan membuat kita terhanyut masuk karena saking serunya. Setelah lulus SMA Sun Woo mengambil jurusan kedokteran, Jung Hwan diterima di Angkatan Udara (CMIIW), Dong Ryong bekerja direstoran kakaknya dan akhirnya membuka restoran sendiri sedangkan Doek Sun menjadi pramugari. Dan seiring berjalannya waktu para 5 sahabat ini sibuk dengan urusan pekerjaan mereka masing-masing dan membuat mereka jarang bertemu. Orangtua mereka semakin lama juga semakin menua dan ingin hidup tenang di desa yang lebih sejuk jauh dari polusi perkotaan. Dan pada akhirnya mereka satu persatu meninggalkan Ssangmung-Dong. Dan dari sinilah yang dimaksud agar  kita bisa menghargai waktu serta menghargai setiap pertemuan yang ada. "Aku tidak bisa kembali ke masa mudaku. Waktu terus mengalir, semuanya berlalu dan berubah. Mungkin itu sebabnya masa muda itu indah, ia bersinar terang meski hanya sesaat. Tapi kau tidak bisa kembali (ke sana). Saat ketika banyak air mata  ditumpahkan, seperti masa muda ku." -Doek Sun Reply 1988

Setelah baca sinopsis diatas kalian bisa nonton Reply 1988 terus lanjut baca ini ya ⬇⬇⬇

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOUL (2020 Film) "Everybody has a soul. Joe Gardner is about to find his"

Tokoh-tokoh di film Soul (2020)